Program Keahlian

  • Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran

Program Keahlian Manajemen Perkantoran  SMK Negeri 46 Jakarta adalah program keahlian yang bertujuan untuk menyiapkan siswa/tamatan yang berkompeten dibidang Manajemen Perkantoran yaitu proses pengolahan data dan informasi suatu perusahaan dan lembaga untuk menghasilkan laporan administrasi bagi pihak pihak yang berkepentingan atau pihak-pihak yang membutuhkan.

Pembelajaran pada Kompetensi keahlian otomatisasi dan tata kelola perkantoran menitik beratkan pada pembelajaran administrasi perkantoran secara manual dan administrasi perkantoran secara komputerisasi.

Adapun jabatan/bidang pekerjaan bagi tamatan kompetensi keahlian otomatisasi dan tata kelola perkantoran adalah :

  • Menangani penerimaan/pengiriman surat/ dokumen/ korespondensi
  • Mengatur otomatisasi tata kelola keuangan
  • Membaca dalam bahasa inggris pada tingkat operasional dasar
  • Memproduksi dokumen di komputer
  • Mengoperasikan aplikasi perangkat lunak
  • Menggunakan otomatisasi tata kelola sarana da prasarana
  • Mengelola kearsipan
  • Menerapkan produk kreatif dan kewirausahaan
  • Menciptakan otomatisasi tata kelola humas dan keprotokolan
  • Menulis dalam bahasa inggris pada tingkat operasional dasar
  • Memelihara otomatisasi tata kelola kepegawaian
  • Mengakses data di komputer/ simulasi dan komunikasi digital
  • Membuat surat/dokumen elektronik
  • Akutansi dan Keuangan Lembaga

Kompetensi keahlian akuntansi di SMK Negeri 46 Jakarta meliputi pembelajaran Akuntansi Manual dan Akutansi Komputer (MYOB). Kompetensi Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 1 Surabaya bertujuan agar siswa dapat mengetahui Akuntansi baik untuk perusahaan jasa, perusahaan dagang, dan perusahaan manufaktur. Siswa kompetensi Keahlian Akuntansi diharapkan dapat melakukan Siklus Akuntansi minimal bagi dirinya sendiri dan perusahaan pada umumnya dan sekaligus mampu menerapkan Sistem Perpajakan di Indonesia

Lulusan Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK Negeri 46 Jakarta , ada yang kuliah , bekerja dan tidak sedikit yang melanjutkan kuliah sambil bekerja. Untuk Kompetensi Keahlian Akuntansi belajar mengenai Siklus Akuntansi, maka tidak ada karya yang bersifat riil atau produk nyata yang bisa di pamerkan. Tapi Laporan Keuangan merupakan produk jasa akuntans

  • Bisnis Daring dan Pemasaran

Bisnis Daring dan Pemasaran adalah kompetensi keahlian yang mempelajari dasar-dasar kemampuan serta keilmuan menjadi seorang marketing, dimana siswa akan mempelajari ilmu dasar marketing, pengadministrasian barang , bisnis retail , serta kemampun praktik penjualan

  • Desain Komunikasi Visual

Desain Komunikasi Visual mempelajari tentang ruang lingkup desain komunikasi visual, unsur-unsur desain komunikasi visual, tata letak unsur-unsur, jenis dan karakter media menurut penempatannya (indoor dan outdoor), jenis dan karakter media menurut temanya (sosial dan komersial), jenis dan karakter media menurut bentuknya (2 dan 3 dimensi), serta prosedur pembuatan media 2 dan 3 dimensi.

Bertujuan untuk membentuk karakteristik siswa sebagai siswa yang mensyukuri anugerah Tuhan, dengan berfikir secara saintifik dalam membuat karya seni rupa dan kriya yang ramah lingkungan serta berbasis sosial budaya bangsa

  • Rekayasa Perangkat Lunak

Rekayasa perangkat lunak (RPL, atau dalam bahasa Inggris: Software Engineering atau SE) adalah satu bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan software/perangkat lunak termasuk pembuatan, pengembanganan perangkat lunak/software dan manajemen kualitas. Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) adalah salah satu kompetensi keahlian dalam bidang Teknologi Komputer dan Informatika yang secara khusus mempelajari tentang pemrograman komputer. Lulusan RPL dewasa ini sangat dibutuhkan untuk menjawab banyaknya kebutuhan industri bagi ketersediaan tenaga Teknisi dalam bidang pengembangan software.

Kompetensi Keahlian yang akan dipelajari:

  • Teknik pemrograman komputer.
  • Perancangan perangkat lunak komputer.
  • Perancangan basis data komputer.
  • Pemrograman Aplikasi mobile (Android dan iOS).
  • Pemrograman Website.
  • Produk kreatif digital (Startup).

Ruang Lingkup Pekerjaan:

  • Software Developer.
  • Web Developer.
  • Game Development.
  • Software Tester.
  • Software Engineering.
  • Software Analis dan Integrator.
  • Konsultan IT dan programmer.